Rabu, 16 Februari 2011

Kawasaki ZX 130CC

Kawasaki ZX 130 yang juga sering disebut sebagai “Baby Ninja”.
Pabrikan Kawasaki tampaknya juga sangat percaya diri dengan mematok angka di spedo meter hingga angka 170, padahal pabrikan sepeda motor lainnya mematok angka 140, atau paling banter 160. Menurut Survey ZX 130 memang lebih unggul di kelasnya.
Kelebihan :
-ZX 130 lainnya adalah sepeda motor ini dipasarkan di Indonesia dengan harga motor 110 CC atau 115 CC, yakni sekitar Rp 12,5 juta saja.
-Belum lagi jika kita bicara tentang kemantapan bersepeda motor bebek, ZX 130 dapat ditempatkan di posisi puncak klasemen sementara.
-Stangnya yang lebar membuat pengendara merasa nyaman dan tidak merasa capai.
-Suspensinya yang pas membuat stang tetap terkendali ketika melindas lubang.
-Posisi Duduk Nyaman
Perbandingan antara tinggi stang dengan tinggi tempat duduk pengendara yang pas memberikan pengendara posisi duduk yang nyaman, dengan pemandangan yang luas ke depan dan ke samping. Kaca spionnya yang kecil tapi engselnya lentur membuat pengendara bisa mengubah-ubah posisi kaca spion sampai ditemukan posisi yang benar-benar enak.
-Jok lebar dan empuk juga punya andil dalam menyerap kelelahan pengendara maupun pembonceng. Belum lagi, posisi tengki bensinnya yang terletak di depan, membuat pengendara tidak perlu repot-repot turun ketika sedang mengisi bahan bakar.
-Proses pengisian bahan bakar pun lebih singkat dibanding sepeda motor bebek lain di mana pengendara harus turun.
-Rem cakramnya di bagian depan memberikan rasa percaya diri dan rasa aman.
-Kapasitas mesinnya yang 130 CC membuat sepeda motor ini selalu masuk kelompok terdepan setelah lampu lalu lintas berubah dari merah menjadi hijau.
-Bisa 110 Km/Jam
Kelebihan ZX 130 lainnya adalah tenaganya yang besar. Gigi tiga sepeda motor ini bisa dipacu hingga 110 km/ jam dalam kondisi motor masih standar.Coba anda bayangkan bagaimana dengan gigi empatnya?.
-ZX 130 memang didisain untuk jalanan di daerah perkotaan atau pedesaan. Daya jelajahnya luas. Posisi spak bor dengan ban yang agak jauh memudahkan ZX 130 dapat melaju di jalanan mulus maupun jalanan rusak berlumpur.
-Lampu depannya yang terang dan mudah terlihat memberikan rasa aman tersendiri, belum lagi rem cakram depannya yang terkesan nancep dan tidak ngesot ketika direm mendadak.
-Keamanan ZX 130 boleh dibandingkan dengan keamanan sepeda motor lain, termasuk kelengkapan kunci pengaman dan bagasi tengah yang “water proof” yang memberikan perlindungan sempurna pada dokumen, hp, dompet, arloji atau apa saja ketika pengendara harus menerobos hujan.
Kelemahan :
-ZX 130 mengingatkan orang pada peribahasa “tak ada gading yang tak retak”. Tak ada sepeda motor yang sempurna, begitu juga dengan ZX 130. Laher belakang rata-rata motor Kawasaki gampang pecah atau goyah. Hal ini membuat pengendaraan kurang nyaman, terutama ketika sedang menikung.
-Ketika pengendara hendak memindahkan gigi 1 ke gigi 2. Pengendara biasanya kesulitan pindah ke gigi 2. Belakangan diketahui, pengendara harus segera memindahkan gigi sebelum membesarkan gas (pindahkan ke gigi 2 ketika gas masih kecil).Jika kelemahan ini dapat diperbaiki Kawasaki, mungkin ZX 130 akan menjadi sepeda motor bebek paling unggul dan paling nyaman di kelasnya. (SH/isyanto) 
-Kapasitas tengki motor ini cuma 3,7 liter sehingga si pengendara harus “rajin” mampir ke pom bensin, terutama jika ia menempuh perjalanan jauh.
Dengan kata lain, si pengendara harus mampir ke pom bensin setiap 150 km.

Spesifikasi ZX Biar Tambah Kenceng & Keren:
Setang : X1-R Thailand
Speedometer : KOSO Digital RX1N
Master Rem Depan : KITACO Adjustable
Disc Depan : PSM 320mm
Kaliper : KITACO 4 Piston
Velg Depan : Sprint 2,5"
Ban Depan : Battlax BT 090 100-70
Swing : Arm KRR
Monoshock : MX
Velg Belakang : Sprint 3"
Ban Belakang : Battlax BT 090 120-60
Kaliper Belakang : Mio
Master Rem Belakang : Nissin
Gear belakang : GL Pro
Knalpot : Termignoni
CDI : BRT Hyperbrand

Tidak ada komentar:

Posting Komentar